Tips K3 Kimia di Laboratorium

8 Tips K3 Kimia di Laboratorium
Berikut adalah tips yang bisa membantu meminimalisir paparan bahan kimia di laboratorium, lengkapi gagasan kesehatan kimia (chemical hygiene plan), dan mempromosikan keselamatan pekerja.

Gunakan SOP Umum 
Setiap bahan kimia memiliki potensi bahaya yang perlu diakukan dengan baik untuk meyakinkan keselamatan pekerja. Tetapi, untuk laboratorium yang mengatasi beragam jenis bahan kimia, membangun sebuah protokol terpisah untuk setiap bahan kimia menyulitkan pemahaman dan tingkatkan peluang kekeliruan perlakuan dan paparan bahan kimia. Oleh karenanya memerlukan SOP yang mengulas pemakaian perlngkapan pelindung yang benar, perlakuan dan pemakaian bahan kimia yang aman, dan pembuangan limbah bahan kimia yang benar, flip chart, sinyal tanda, atau piranti yang lain yang bisa dipakai untuk mengingatkan beberapa pekerja dari bahaya kimia tertentu.

Aliran udara 

Kwalitas hawa bisa dengan cepat jadi terganggu di laboratorium, bikin ventilasi adalah aspek penting dalam meminimalisir paparan. Ketika memastikan apakah system pembuangan lokal mencukupi, ketentuan praktis yang baik yaitu kalau system harus dapat sekurang-kurangnya 8 sampai 10 changeouts hawa per jam ketika ruang dihuni.

Housekeeping/Pembenahan 

Melindungi lantai bersih dan kering akan menolong menghindar pekerja tergelincir dan jatuh. Stoking bantalan tikar penyerap dan wiper di tempat tumpahan riskan menolong karyawan bersihkan tumpahan bahan kimia dengan cepat, hingga peluang insiden slip-dan-jatuh menyusut dan paparan dapat Sediakan wadah yang tepat untuk bahan pembersihan juga menolong untuk meminimalisir paparan.

Bersihkan permukaan kerja selama seharian bikin ruang kerja rapi, kurangi peluang reaksi dan tumpahan karena meja ruang yang penuh sesak. Demikian pula, menaruh keunggulan bahan kimia pada ruang khusus hingga pekerja akan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Prosedur pembuangan limbah harus juga diputuskan, dengan limbah yang di keluarkan dari laboratorium ke area untuk menyimpan pusat dengan teratur. Pekerja harus di ajarkan tidak untuk menuangkan cairan ke saluran air atau memakai penutup muka untuk singkirkan bahan kimia yang mudah menguap.

Keselamatan Gudang 

Sebuah gudang yang terorganisir akan mensupport K3 pekerja dengan lebih efektif. Meletakkan satu orang yang bertanggungjawab dari gudang dapat menolong untuk memfasilitasi organisasi yang tepat dan lokasi penyimpanan. Orang ini dapat juga menolong untuk meyakinkan kalau tingkat persediaan yang tepat sudah disimpan dan bahan kimia kadaluarsa sudah dibuang dengan benar.

Orang itu harus juga mengambil keputusan gagasan untuk bahan kimia baru. Sebelumnya bahan kimia masuk laboratorium, harus ada mekanisme berkaitan gagasan perlakuan, penyimpanan, dan pembuangan.

Alat 

Memakai gelas yang rusak dapat sama berbahayanya dengan memakai bahan kimia yang salah. Karena ada potensi retakan dan membuat tumpahan bahan kimia. Mengecek barang pecah iris dan perlengkapan sebelumnya setiap pemakaian harus jadi bagian dari SOP. Pekerja harus juga tahu bagaimana benar mengatasi, dan buang dari setiap alat yang rusak hingga tidak dipakai kembali atau dimasukkan kembali kedalam layanan sampai sudah diperbaiki.

Tanggapan Tumpahan 

Bahkan juga terkadang teknisi memiliki pengalaman pun dapat menumpahkan bahan kimia, jadi penting untuk tahu bagaimana benar mengatasi bahan kimia tumpah. gagasan penanggulangan tumpahan harus mengulas kiat mencegah tumpahan, prosedur penahanan, ventilasi yang tepat, kapan harus evakuasi, cara memperoleh perawatan medis, dan kriteria pelaporan. Memiliki kit tumpahan yang ada di semasing laboratorium akan menolong pekerja untuk terlatih mengontrol tumpahan dengan cara lebih cepat, selanjutnya menolong untuk meminimalisir paparan.

Perlengkapan Keselamatan 

Sinyal dan label wadah akan menguatkan keamanan dan berperan sebagai pengingat dari perlakuan khusus, pemakaian, dan prosedur pembuangan. Hal semacam ini sama pentingnya untuk pemeliharaan dan perawatan alat pencuci mata, sepatu safety, alat pemadam kebakaran, dan kit pertolongan pertama hingga pekerja yang terkena bahan kimia bisa dengan cepat terhubung alat ini dalam kondisi darurat untuk kurangi efek dari paparan bahan kimia.

Pelatihan/Training 

Pelatihan diperlukan untuk semua pekerja sebelum pekerjaan mereka di laboratorium, namun pendidikan semestinya tidak berhenti di situ. Presentasi tahunan mungkin kurang untuk menguatkan keamanan ; kursus harus jadi aktivitas teratur yang mengulas beragam segi hindari paparan.
Pekerja harus tahu :

  • tempat gagasan kesehatan kimia
  • tempat MSDS
  • bagaimana alat pelindung diri yang diambil, tempat peletakan, bagaimana memakai setiap bagian dengan benar, dan bagaimana memastikan kapan perlu diganti
  • bahaya yang dihidangkan oleh semasing bahan kimia dan prosedur di laboratorium
  • bagaimana mengatasi bahan kimia dengan benar untuk hindari paparan
  • bagaimana berikan label container dengan benar
  • kebersihan laboratorium yang tepat dan tingkah laku, seperti tidak pernah makan, minum, atau permen karet di laboratorium ; membatasi rambut longgar dan baju ; dan hindari permainan kasar dan praktis lelucon
  • bagaimana memakai " system buddy " untuk hindari bekerja sendirian
  • bagaimana mengevaluasi prosedur atau hingga pekerja hanya mengambil bahan kimia beberapa yang diperlukan saja
  • bagaimana mengatasi limbah.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar