Pentingnya Menjaga Kebersihan bagi Pekerja Restoran

Afbeeldingsresultaat voor sushi genki
Tempat penjualan makanan seperti restoran, warung makan, foodcourt, dan semacamnya merupakan tempat-tempat yang melayani masyarakat yang ingin mencari makanan. Sebagian orang memang lebih memilih makan diluar tempat tinggal karena aktivitas dan lain perihal. Sayangnya, kesehatan dan kebersihan makanan diluar rumah tidak dapat dan merta diliat secara kasat mata oleh konsumen. Seringkali kita mendengar rumah makan yang sediakan makanan yang kurang bersih atau memiliki kandungan bahan beresiko hingga tidak baik untuk kesehatan customer. Tidak hanya bahan makanannya saja, tetapi sistem pembuatan dan pekerja yang bikin makanan itu harus juga bersih dan sehat.

Pekerja yang bersentuhan segera dengan makanan jadi penting karena dapat mengakibatkan makanan itu jadi makanan yang sehat atau tidak. Pihak manajemen yang baik akan bikin ketentuan khusus yang mempunyai tujuan membuat perlindungan beberapa konsumennya dan bikin system kerja dalam service makanan itu membuahkan product makanan atau masakan yang baik untuk konsumennya. Banyak hal yang harusnya dilakukan oleh pekerja ditempat penjualan makanan yakni :
  1. Bersihkan diri sebelumnya memegang bahan makanan dan perlengkapan makanan
  2. Bersihkan bahan makanan dan perlengkapan makanan
  3. Bersihkan diri setelah memproses makanan
  4. Memberikan keyakinan kalau dalam kondisi sehat saat bekerja, bila tidak maka perlu ditukar dengan pekerja lainnya
  5. Memakai baju yang bersih dan celemek bila diperlukan
Pekerja yang memproses makanan untuk dihidangkan semestinya memang dalam kondisi fit. Bila pekerja itu sakit, misalnya penyakit yang memiliki kandungan virus seperti influenza. Maka penyakit pekerja itu dapat menebar pada makanan yang ia hidangkan. Sudah pasti hal itu sangat tidak baik untuk beberapa pelanggan. Pekerja juga perlu bersihkan tangannya hingga tak ada bakteri yang beralih dari tangan pekerja ke makanan yang dihidangkan. Rambut yang terurai baiknya diikat atau memakai penutup kepala hingga tidak mengganggu saat memasak dan tak ada kotoran dari rambut yang masuk kedalam makanan itu.

Membersihkan tangan adalah hal yang sangat penting terlebih saat bersentuhan dengan makanan yang akan dikonsumsi. Banyak hal berikut akan bikin kita mengerti kalau membersihkan tangan adalah hal penting.
  1. 80% penyakit yang menular disebarkan lewat cara menyentuh
  2. Menyentuh makanan dengan tangan yang terkontaminasi akan menebarkan penyakit yang berhubungan dengan makanan
  3. Hanya 20% orang membersihkan tangan mereka sebelumnya mempersiapkan makanan
  4. Kurang dari 75% wanita dan 50% lelaki membersihkan tangan mereka setelah pergi ke kamar mandi
  5. Toilet dapat menebarkan bakteri seperti Escheichia coli dan Staphylococcus. Kamar mandi dan WC umum sekitar 90% memiliki kandungan bakteri sejenis itu.
  6. Setiap 15 detik membersihkan tangan maka 10 kali lebih bakteri yang akan di hilangkan.
  7. Umumnya orang hanya membersihkan bagian telapak tangan dan melupakan bagian yang lainnya
  8. Jumlah bakteri paling terdapat banyak pada tangan yang menguasai. Tetapi umumnya orang jadi semakin lebih banyak membersihkan tangan yg tidak menguasai. Misalnya orang yang menguasai tangan kanan semakin lebih sering membersihkan tangan kirinya dan sebaliknya.
  9. Hanya 20% orang yang mengeringkan tangan mereka setelah bersihkan tangan
  10. Handuk tangan yang dipakai kembali memiliki kandungan jutaan bakteri. Kertas handuk sekali gunakan adalah bahan yang paling aman dan bersih untuk mengeringkan tangan.
  11. Membersihkan tangan dan melindungi kebersihan akan kurangi jumlah absensi karena sakit dan kehilangan produktivitas.
Sarung tangan yang sesuai dapat dipakai bila memang diperlukan. Tetapi sarung tangan itu seperti kulit dan harus ditukar saat permukaannya terkontaminasi. Tangan harus juga dicuci dengan baik setelah ganti sarung tangan. Pengolah makanan terkadang tidak sadar dan lupa bila mereka mungkin dapat terkontaminasi kembali saat memproses makanan. Misalnya yaitu daging hewan mentah, seperti daging unggas yang perlu di proses dengan bersih dan tidak mengkontaminasi makanan yang lain. Sarung tangan harus ditukar bila memproses bahan makanan yang tidak sama. Selain itu penggunaan sepatu safety juga sangat penting untuk mencegah resiko slip saat berada didapur.

Selain beberapa pekerja yang perlu memerhatikan kebersihan diri mereka, beberapa customer harus juga melindungi kebersihan tangan mereka saat makan. Membersihkan tangan hanya memerlukan waktu sebentar tetapi dampaknya dapat jadikan orang-orang jadi lebih sehat. Pihak manajeman tempat tinggal makan juga perlu sediakan tempat bersihkan tangan yang layak untuk beberapa pengunjungnya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar