Minimnya Kesadaran Akan Betapa Pentingnya Alat Perlindungan Diri


Related image
Alat pelindung diri bagi pekerja yaitu kelengkapan yang perlu dipakai ketika melakukan pekerjaan yang sesuai sama bahaya, kemungkinan dan untuk melindungi keselamatan pekerja tersebut dan beberapa orang di sekitarnya. Keharusan untuk memakai alat pelindung diri ini, telah jadi perjanjian berbarengan dengan pemerintah melalui departemen tenaga kerja dan transmigrasi.

Undang-undang itu tertuang dalam Ketentuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 08/Men/VII/2010 tentang pelindung diri. Sampai harus untuk masing-masing perusahaan untuk berikan APD pada karyawan untuk membuat lancar system kerja dan keselamatan dalam perusahaan itu.

Beberapa jenis Alat Pelindung Diri 

Alat pelindung diri seperti suatu tameng yang bisa berikan perlindunga pada tubuh atau anggota badan yang lain dari bermacam bahaya kecelakaan yang bisa saja meneror. Hingga harus dipakai pelindung sesuai sama bahaya yang bisa tentang. Mengenai bermacam type pelindung diri yakni sebagai berikut ini :
  • Safety Helmet Yaitu suatu APD yang bertindak bikin perlindungan kepala dari semua peluang benda terjatuh dan tentang kepala kita lewat cara segera.
  • Sepatu safety karet atau sepatu boot atau safety shoes. Yaitu suatu APD yang bertindak untuk alat pengaman pada tempat yang berlumpur atau becek atau menghindar kecelakaan fatal yang menimpan kaki. Biasanya dari sepatu ini ada susunan khusus seperti metal bikin perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dsb. Pada setiap bahaya yang peluang terjadi sesuai dengan sepatu yang diapakai.
  • Sarung tangan Yaitu alat pelindung diri yang bertindak untuk terhindar dari bermacam peluang untuk tangan terluka atau cidera. Bahan dan bentuk sarung tangan sesuai sama tipe pekerjaan yang ada.
  • Penutup telinga atau ear plug. Yaitu alat pelindung diri yang bertindak bikin perlindungan telinga dari suara bising yang nampak diarea kerja.
  • Kaca mata pengaman Yaitu alat pelindung diri yang bertindak membuat perlindungan mata saat bekerja. Biasanya digunakan buat mereka yang bekerja ditempat las atau casting.
  • Masker Yaitu alat pelindung diri yang bertindak untuk penyaring hawa yang dihirup saat bekerja denga kualitas hawa yang buruk seperti berdebu, beracun atau berbau tajam.
  • Jas Hujan Bertindak untuk melidungi diri dari percikan air hujan, biasanya digunakan buat mereka yang umum kerja dilapangan seperti sopir forklift dan dapatlah digunakan buat mereka yang akan bersihkan satu alat dalam produksi.  
Penggunaan Alat Pelindung Diri yang Benar

Hal yang penting juga untuk dilakukan yaitu dengan memakai alat pelindung diri dengan benar. Banyak diantara pekerja yang punya kebiasaan dengan APD yg tidak benar cara pakainya. Ini akibatnya karena meremehkan keselamatan diri yang bisa meneror setiap saat. Alat pelindung diri berperan membuat perlindungan diri sebelum terjadi kecelakaan kerja yang fatal tentang diri.

Selain hal diatas, yang jadikan mereka menyepelekan untuk memakai alat pelindung diri yakni terasa ribet dengan APD yang ada. APD di rasa akan buat pekerjaan mereka terhambat atau tidak lancar, sampai malas untuk memakai. Pentingnya alat pelindung diri untuk karyawan yaitu kewajiban yang perlu digunakan oleh semuanya karyawan. Dan bukan hanya dipekerjaan saja, alat pelindung diri dijalan raya juga sangat utama untuk digunakan seperti helm, sepatu dan jaket.

Sungguh sangat disayangkan banyak karyawan yg tidak memakai APD yang benar waktu berkendara. Ada banyak yang memakai sandal dan tidak memakai jaket atau hanya kenakan seragam kerja untuk pergi aktivitas.

Minimnya akan kesadaran terlebih beberapa pekerja di lingkungan kita

Minimnya kesadaran akan keselamatan diri, dapat menyebabkan dan memberi makin banyak nya kecelakaan kerja yang menyebabkan suatu hal yang fatal. Hal semacam ini di karenakan kurang nya kesadaran orang-orang akan penting nya keselamatan diri.

Nah, adakah suatu hal yang lebih bernilai dari pada keselamatan diri? Bagaimana dengan kamu? Bila kamu belum merasa safety dalam bekerja, mari, dari mulai saat ini budayakan safety, karena bila suatu hal menimpa diri kamu, waktu akan tidak bisa kembali, dan janganlah dibiarkan penyesalan membawa efek jelek kehidupan kamu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar