Macam-Macam Hazard (potensi bahaya)

Image result for Macam-Macam Hazard (potensi bahaya)
Hazard yaitu segala suatu hal yang dapat berpotensi menjadi bahaya bahkan accident atau incident. Di beberapa lingkungan kerja di pastikan kita dapat temukan hazard itu dengan melakukan identifikasi. Ada beberapa cara yang bisa dipakai dalam mengidentifikasi hazard di suatu lingkungan, namun kita harus tau dahulu ada berapakah pengelompokan hazard berdasar pada teori yang ada. Hazard di kelompokkan jadi 5, berdasar pada potensi bahaya yang ada. yakni :

1. Hazard Biologi 
hazaard biologi yaitu potensi bahaya yang diakibatkan dari aspek makluk hidup. Biasanya hazard biologi ini berada di lingkungan-lingkungan yg tidak bersih, kotor, dan lain-lain.
contoh dari hazard biologi yaitu seperti cacing tambang, cacing tambang dapat bikin kaki kita berlubang seperti dikonsumsi oleh cacing itu. Oleh karena itu, dipertambangan diinginkan selalu memakai APD sepatu safety agar sebagai mencegah pada hazard biologi.

2. Hazard Kimia 
hazard kimia yaitu potensi bahaya yang dikarenakan oleh karakter dan ciri-ciriistik kimia yang dipunyai bahan itu. Hazard kimia ini sangat beresiko bila kita tidak menggetahuinya dengan cara detil seperi apa karakter berbahan itu. Pentingnya perlakuan yang intensif pada potensi bahaya ini.
contoh dari hazard kimia yaitu amoniak yang bercampur di hawa karena sifatnya yang beresiko untuk THT pada manusia. MSDS yaitu salah satu cara melakukan perlakuan awal pada potensi bahaya yang diakibatkan oleh bahan kimia.

3. Hazard Fisik 
hazard fisik yaitu potensi bahaya yang disebabka oleh aspek fisik dari seorang yang tengah melakukan pekerjaan. Hazard fisik erat sekali hubungan dengan manusia, kitasendiripun terkadang yaitu sumber permasalahan dari persoalan yang terjadi. Managemen kegiata yaitu salah satu cara untuk mengatur hazard yang nampak ini.

4. Hazard Ergonomi 
hazard ergonomi yaitu potensi bahaya yang dikarenakan terjadi karena tidak efisiennya jalinan alat kerja dengan manusianya, biasanya berhubungan dengan perilaku kerja manusia dengan alatnya. Di sini ini yaitu yang mengakibatkan juga timbulnya penyakit akibat kerja karena beberapa kekeliruan dalam perilaku pemakaian alat kerjanya. Pekerja juga diwajibkan menggunakan alat pelindung saat bekerja seperti baju keselamatan, helm keselamatan, sepatu safety, kacamata safety dll.

5. Hazard Psikologi 
Hazard psikologi yaitu potensi bahaya yang disbabkan terjadinya suatu konfik dalam lingkungan kerja itu. Perseteruan yang terjadipun telah terdiri jadi segera dan tidak segera. Psikologi ini dapat adalah hal penting karena dapat memengaruhi juga bagaimana orang itu bekerja, makin banyak perseteruan maka pekerjaan yang di lakukan makin tidak efektif dan jadi banyak menyebabkan permasalahan yang terjadi. Ingindaliannya biasaya memakai managemen perseteruan dan ketentuan disiplin.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar